Menikah

tidak jarang pertanyaan "kapan nikah ?", "kapan nyusul ?", atau "kamu kapan ?" ketika menghadiri acara keluarga atau bertemu teman di acara pernikahan.
sampai beberapa waktu yg lalu pun ada yg menanyai saya via ask.fm
dan rasanya hampir sebagian besar teman saya pun sudah melangsungkan pernikahan.
saya bukan orang yg anti ataupun risih ketika pertanyaan itu dilontarkan.
saya menganggap itu adalah topik yg org lain buat untuk memulai percakapan, kadang.
secara usia saya memang sudah tidak bisa di bilang abg lagi, yg bila pacaran atau dekat dengan pria tidak hanya hahahihi, tapi sudah harus punya pandangan ke depan tentang pernikahan.

taken from here
tapi,
sampai postingan ini saya tulis, saya merasa belum siap untuk mengambil keputusan menikah entah tahun ini atau tahun depan (2018).
karena, menurut saya.
(disini kontennya beropini ya, no hard feelings)
menikah itu bukan hanya sekedar siap diri saja, tapi ada ilmu, financial, mental dan banyak hal lainnya yg harus disiapkan.
sesederhana pasangan.
mencari pasangan yg punya tujuan sama dan menerima kekurangan itu enggak segampang beli pulsa di indomaret.
prinsip saya, menikah itu sekali seumur hidup, dan insyallah jadi jodoh dunia maupun akhirat. mulai bangun tidur sampai tidur lagi, ketemunya dia lagi dia lagi. gak boleh bosen bosen.
menikahpun bukan hanya menikah dengan pasangan saja, tapi keluarganya, ibu ayahnya, kakak adiknya, saudaranya. dan semuanya bisa jadi keluarga besar :)
secara financial pun juga harus dipikirkan, bagaimana pernikahannya ? setelah menikah mau hidup dimana ? setelah menikah mau kesana kemari bagaimana ? setelah menikah dan akhirnya punya anak, bagaimana biaya pendidikannya dan biaya hidupnya ?
karena, anak itu tanggung jawab orang tua.
begitu pun secara mental.
punya anak juga enggak bisa di reset atau di restart bila 'salah' mendidik.
semuanya butuh direncanakan.
dalam agama saya pun, tidak ada patokan usia khusus untuk menikah.
namun wajib bila sudah mampu dan tidak bisa menghindari zinah :) *menurutygsayabaca*
masih bertanya kapan saya menikah ?
doakan saja, saya juga wanita yg ingin menjadi istri, ibu dan memiliki keluarga kecil dengan suami dan anak yg hidup bahagia. 😊

0 komentar:

Post a Comment