[exploreIndonesia] Yogyakarta #Day4

21- Januari 2016
aaaah hari terakhir liburaaaaan, gak mau pulang, kurang lama :(
*kodekeras*
hari ini rencana awalnya adalah ke Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus dan Cave Tubing Kalisuci
namapun rencana awal, jadi bisa berubah :(
setelah sarapan kita langsung ke Kebun Buah Mangunan
perjalanannya menempuh waktu 1,5jam, biaya retribusinya 5.000/orang tanpa biaya parkir
Kebun Buah Mangunan sendiri sebenernya, bener - bener kebun buah, salah satu yg kita lewatin adalah kebun durian, sayangnya waktu itu duriannya masih kecil jadi belum bisa dipetik
kata bapak penjaganya bulan maret sudah bisa dipetik
tujuan saya adalah puncak kebun buahnyaaa

setelah sampai, alhamdulillaaaaah sesuai harapan, sampai sanapun udaranya sejuuuk :D
super rekomended buat kesini kalo kagi main ke jogja, karena suasanya sejuk banget
meskipun cuma duduk-duduk nikmati pemandangan aja enak banget rasanya
ada yg bilang lebih bagus kesini pas subuh, karena bakalan lebih bagus
boro-boro berangkat subuh, berangkat jam 7 aja nggak mungkin rasanya haha
disini kita beneran lupa waktu, karena emang pemandangannya bagus
mengingat masih ada agenda selanjutnya akhirnya kita lanjut ke Hutan Pinus
lokasi Hutan Pinus sekitar 10 menit dari Kebun Buah Mangunan.
sebenernya ini sekadar hutan pinus yg sudah dibersihkan bagian bawahnya, tidak terlalu spesial, tapi emang bagus

mungkin di tempat lain ada, cuma mumpung di Jogja mampir sebentar hehe
cuma biaya parkir aja 5.000, dan nggak pakai biaya retribusi
berhubung kita baru selesai jam 2 dan waktu yg ditempuh dari Mangunan ke Kalisuci 2jam, dan Kalisuci ditutup jam 4 akhirnya kita putuskan untuk tidak kesana dan prepare pulang
padahaaaal pengen banget :(
kita fix pulang dari Jogja jam 8 malem, dan bener-bener memutuskan melawati jalan yg benar biar nggak nyasar kyk berangkatnya ke gunung lawu
alhamdulillaaaah lancar banget, setelah melewati hutan mantingan, sekitar jam setengah 2
kami beristirahat sebentar, awalnya sih mau tidur sejam 2jam an, eeeh malah semua tidur dan kebablasan sampe jam 8 pagi hahhaha
yg ada setelah mampir dan makan, baru sampe rumah jam 11 siang hahhahaa
setelah itu alhamdulillaaaaah, kasuurrr ♥
seenak-enaknya tidur dimobil enakan tidur dikasur haha
ini ada beberapa saran buat yg mau liburan ke Jogja
disarankan untuk membawa atau menyewa mobil, karena tempat wisatanyaaaa banyak yg jaaauh dari kota, kalau berniat untuk backpakeran sih silahkan untuk naik motor
cuma kmrn saya memilih tidak mau ribet hehe
liburannya jarang soalnya, hehe
dan nggak usah ribet nyari tempat wisata masuk daerah mana dan berlokasi dimana, saya aja yg sudah ngeprint wilayah dan rutenya ngerasa gak berguna, karena semua tinggal masukin gps dan udah langsung sampe lokasi, gak perlu bingung gak ada sinyal, provider saya dan keyiboo yg hemat biaya aja selalu ada sinyal kok, entah di mangunan atau kalibiru, tetep ada
bahkan waktu nyasar digunung lawu pun, meskipun sinyalnya silang, alhamdulillahnya ya masih ngedetect lokasi dan jalannya, kuasa Allah banget memang
sayangnya di gps juga harus hati-hati, karena jalanan tikus, jalan setapak pun ke detect, dan jangan percaya rute tercepat, kadang bisa menyesatkan hahahha
tapi kalo masalah jadwal, saya rasa perlu banget dibuat, biar bisa mempersiapkan segala sesuatunya :)
ada rencana balikkk, ada banget, mengunjungi tempat yg belum sempet dikunjungi, saya pribadi sih suka banget sama suasana jogja yg lebih tertib dari surabaya dan nggak banyak pengemis seperti malang haha
semoga selalu diberi sehat dan rejeki berlimpah biar bisa liburran lagi, yg penting sekarang lulus duluuuu, target lulus tahun ini dongs, amiin :)