where is your home ?

beberapa orang pernah menanyakan itu kepada saya. bila saya malas menjawab, saya akan menjawab singkat, “Surabaya”
tapi pada kenyataannya saya binggung untuk menjawabnya.
saya lahir di Surabaya, dan kecil di Gresik bersama orang tua saya.

kenangan masa kecil saya ada disana.
sayangnya setelah ayah saya meninggal 2010 lalu, seisi rumahnya pun sudah berbeda, karena memang sudah tidak ada yg tinggal disana.
remaja saya kembali ke Surabaya bersama kakek dan nenek saya.
masa remaja saya hidup bersama mereka. sebelum akhirnya saya memutuskan untuk kuliah. saya pernah memposting rumah Surabaya di blog (klik disini untuk postingannya).
namun sayangnya, keadaan rumahnya sudah sangat berbeda, benar benar tidak ada satupun yg sama antara keadaan rumah itu dipostingan saya dan keadaan rumah itu sekarang.
saat masa kuliah, saya memutuskan untuk pergi ke kota Malang, merantau dan tinggal tidak dengan orang tua atau keluarga.
saya sudah hampir 8 tahun ada di kota Malang, ke Surabaya hanya sesekali saya lakukan dan tidak lebih dari 2 minggu.
dan beberapa waktu belakangan ini, akhirnya ada yg mengharuskan saya kembali ke Surabaya untuk sementara waktu.
alhamdulillahnya, saya selalu nyaman dimanapun saya tinggal. dan hampir tidak pernah merasakan ‘homesick’. saya hingga skrg masih menganggap ke Surabaya adalah ‘pulang’
dan ke Malangpun saya menganggap ‘pulang’.
for me, home is not a place, but home is about people, situasion, confident and happiness.

 
 
 
 
for me, they are home for me. 😊

0 komentar:

Post a Comment